Maaph kalo judulnya mengada ada n rada jayuz, kekeke

Ini bukannya mau ngikutin judul bukunya Buya Hamka, tapi karena kejadiannya sama sama di Sumbar, yah.. disambung sambungin aja deh.

Kejadian bermula *halah* dari sebuah kota kecil bernama padangpanjang. Yang tentram dan damai, yang terkenal dengan rimbunnya pohon dan derasnya aliran sungai, yang berada di kaki gunung marapi, yang dibawahnya terdapat lembah anai, yang sekarang telah terkena dampak pemanasan global, alias global warming.

Buat yang belum tau Padangpanjang, itu sama kayak "Puncak"nya Bogor, ato "Batu"nya Malang. Jadi kalo kota Padang letaknya di pinggir pantai, maka Padangpanjang adanya di perut gunung, hanya setengah jam dari Bukittinggi, yap benar sekali, Bukittinggi tempat kelahiran Bung Hatta itu. Yang ada Jam Gadangnya.

Sayangnya Padangpanjang yang dulunya dingin menyejukkan, sekarang sudah panas. Nah loh, terus apa hubungannya sama kran air kontrakan Saya, sabar... hela napas, mari kita bahas...

Pagi ini, saat bangun subuh (disini jam 6 masih gelap euy, dulu) seperti biasa Saya menuju kamar mandi, untuk wudhu tentunya, blom berani mandi pagi disini, dingin! ketika Saya nyalakan kran, ternyata airnya tidak keluar, 'ah, mungkin saluran PAMnya diputar orang" pikir Saya. Karena kontrakan saya ini di lantai ke dua, ditambah kesadaran belum 100% pulih, maka Saya biarkan, terlalu malas rasanya harus naik turun untuk menyalakan PAM.

Hari beranjak siang, dan untung hari ini libur (Kebangkitan Nasional katanya, hihihi). Karena air masih belum menyala juga. Bayangkan kalau Saya harus ke kampus tanpa mandi, walaupun mungkin itu hal yang lumrah di kampus saya (kampus seni gitu lho!), tapi itu ga lumrah buat Saya, yah jelek jelek gini kan tambah jelek kalo gatel gatel. Tentunya situ tau kan gimana rasanya. huehehe...

Menjelang dzuhur, Saya mulai panik, lah gimana enggak panik, perut Saya cuma diisi air teh sedari pagi. Sedangkan untuk masak, air masih blom ngalir, dan jujur saja, bau badan pun sudah menyebar, dengan hati kuesal, akhirnya dengan terpaksa Saya masak nasi pakai air bak, kotor sih, cuman sekotor kotornya air bak disini masih bisa diminum kok, hehehe, tapi tetap saja gondok, sambil ngedumel Saya menjarang nasi, lalu mencuci piring *haduh, rajin amat cowok nyuci piring

Belum selesai ngedongkol... ternyata masih ada tambahan, begitu nyalain kompor, ternyata minyaknya habis, hualaaah.. hari kok njengkelin banget yak? dalam hati Saya cuma ngucap, sambil memelankan nafas, mencoba menikmati setiap momen kekesalan yang Saya rasakan. Hasilnya? tambah kesel, hehehe, lagian kok ada hari na'as banget kayak gini, terpaksalah Saya belanja ke warung depan rumah dengan rambut acak acakan karena belum mandi, rasain lo!

Di warung inilah Saya menemukan jawaban kenapa air kran Saya meninggal, ternyata PDAM memang mengadakan pemadaman bergiliran *emang listrik?* entah apa sebabnya, yang jelas Saya cuma mikir, kok bisa? Padangpanjang kota sehijau ini bisa kekurangan air? Apa Saya yang khilaf? Ato ini cuma kejadian yang dipolitisir menjelang kampanye pilkada bulan Juni? *otak parno Saya kumat, hehehe

Sambil pulang dari warung, Saya cuma merenung, sebegitu besarkan dampak pemanasan global terhadap bumi? Bahkan di Padangpanjang pun sudah ada yang terjangkit penyakit DBD, ya sodara sodara, Demam Berdarah! Penyakit yang biasanya cuma menyerang daerah panas, bahkan nyamuk pun sudah bisa hidup disini, biasanya? ga bakal kuat tu nyamuk keluar siang, apalagi malem!

Mungkin post kali ini membosankan untuk dibaca, cuma Saya bersyukur karena disini masih terdapat air bersih, ga terbayang gimana dengan saudara Saya yang di kotanya ga ada air bersih, atau malah ga ada air sama sekali, dan saya jadi ingat pernah melihat slide yang bagus banget yang menyadarkan pentingnya air untuk kehidupan, judulnya "Surat dari Tahun 2070", begitu mengharukan. ga percaya? just see below ...